Demo Site

Sabtu, 05 September 2015

APA ITU ORGANISASI & ARSITERTUR KOMPUTER ?







Assalamu'alaikum Wr. Wb.

 Kali ini saya akan membahas tentang apa itu "Organisasi & Arsitektur Komputer". Ini bertujuan untuk memenuhi tugas Matkul ARKOM saya :D

Sebelum Saya menjelaskan pendapat saya mengenai ARKOM, ada baiknya jika kita melihat pendapat dari sumber-sumber yang sudah saya baca sebelumnya...

Berikut Pembahasannya :


1. APA ITU ORGANISASI ?


 Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

( Sumber : Organisasi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas )

2. APA ITU ARSITEKTUR ?



Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak), mulai dari lingkup makro seperti perencaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, dan lansekap hingga lingkup mikro seperti perencanaan dan perancangan bangunan, interior, perabot, dan produk. Dalam arti yang sempit, arsitektur sering kali diartikan sebagai ilmu dan seni perencanaan dan perancangan bangunan. Dalam pengertian lain, istilah “arsitektur” sering juga dipergunakan untuk menggantikan istilah “hasil-hasil proses perancangan”.

( Sumber : Dunia Arsitektur - Universitas Atma Jaya Yogyakarta )

  3. APA ITU KOMPUTER ?




Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

(Sumber : Komputer - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas )

Menurut Pendapat Saya :

1. Organisasi
Organisasi Adalah Tempat berkumpulnya dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama. atau organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

2. Arsitektur
Arsitektur adalah suatu susunan rencana awal untuk membangun sesuatu dari awal sampai akhir sehingga kita bisa memperkirakannya sebelum kita membuat sesuatu. Dari segi teknik, arsitektur adalah sistem mendirikan bangunan termasuk proses perancangan, konstruksi, struktur, dan dalam hal ini juga menyangkut aspek dekorasi dan keindahan. Dipandang dari segi ruang, arsitektur adalah pemenuhan kebutuhan ruang oleh manusia atau kelompok manusia untuk melaksanakan aktifitas tertentu.

3. Komputer
Komputer Adalah Sekumpulan/Satu Kesatuan Alat Elektronik yang bekerja sama untuk mempermudah tugas manusia. Definisi tentang pengertian komputer telah mengalami beberapa kali perubahan mengikuti perkembangan komputer itu sendiri. misalnya dahulu kata komputer diartikan sesuai asal katanya adalah compute atau to compute yang artinya menghitung, jadi sejak dahulu istilah komputer telah dipergunakan meski hanya sebatas untuk keperluan perhitungan aritmatika seperti abakus, slide rule, kalkulator mekanik dan lain-lain yang sifatnya mempermudah pekerjaan dalam menghitung dan mengotomatisasi pekerjaan yang berulang.
  
Dari Penjelasan diatas, Kita Bisa Menyimpulkan :

ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER

   
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh organisasionalnya adalah teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer.


Arsitektur Komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).

0 komentar: